Apa Itu Glosarium? Ini Dia Jawabannya!

apa itu glosarium

Apa itu glosarium? Banyak para penulis pemula yang bertanya mengenai definisi atau pengertian dari glosarium dan seberapa penting hal tersebut ada dalam sebuah buku.

Artikel ini akan mencoba menjawabnya secara singkat.

Glosarium adalah daftar istilah. Jika Sobat AkademiMenulis.id sedang menulis buku dan terdapat banyak sekali penggunaan istilah yang sulit, sementara Sobat tidak dapat menghindari penggunaannya, maka Sobat layak menyusun sebuah daftar istilah atau glosarium.

Secara ringkas, pengertian dari glosarium adalah senarai atau daftar istilah sulit berikut padanan dan/atau penjelasannya yang disusun menurut abjad.

Beberapa glosarium berisikan definisi istilah meskipun hal ini tidak lazim. Namun, sebaiknya jangan mengulang istilah yang sudah didefinisikan di dalam teks naskah terus ditaruh lagi di glosarium.

Pertanyaan yang sering muncul juga adalah: apakah boleh glosarium berisikan singkatan atau akronim?

Jawabannya, boleh saja. Tentu, jika hal itu Sobat anggap sebagai istilah yang kelewat sulit untuk dipahami atau diketahui. Dengan kata lain, tidak ada batasan berapa jumlah istilah yang minimal atau maksimal ada di dalam glosarium. Intinya sih, sepanjang istilah itu Sobat anggap sulit bagi pembaca, masukkanlah ke dalam glosarium.


Demikian artikel penting tentang belajar menulis untuk pemula. Kalau ingin secara lebih lengkap belajar menulis, langsung saja gabung di AkademiMenulis.id, ya. Banyak sekali materi fundamental yang sudah tersedia di member area yang bisa menjadi bekalmu sebagai penulis profesional.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *