Apakah Indeks dalam Buku Diperlukan?

indeks

Banyak sekali para penulis pemula yang masih kebingungan, apakah indeks di dalam buku perlu dicantumkan ataukah tidak. Artikel ringkas berikut ini akan mencoba menjawabnya.

Selamat menyimak, ya, Sobat AkademiMenulis.id!

Perlu Sobat ketahui, bahwa penyusunan indeks termasuk disarankan pada buku-buku ilmiah, bahkan ada lembaga yang mewajibkannya.

Makna dari indeks sendiri adalah daftar kata-kata penting yang ada di dalam buku. Indeks disusun menurut abjad dan diikuti keterangan nomor halaman tempat kata/istilah itu berada.

Kata/istilah yang diindeks dapat berupa:

  • istilah khusus;
  • nama orang/tokoh;
  • nama tempat (geografis);
  • nama lembaga; dan
  • nama peristiwa yang kemungkinan besar dirujuk oleh pembaca.

Oleh karena itu, di dalam penyusunan indeks, penulis memang searusnya mempertimbangkan kata/istilah apa yang kemungkinan ingin dicari pembaca secara cepat tanpa harus melihat daftar isi dan menelusurinya satu per satu.

Kalau kita perhatikan, buku-buku terbitan luar negeri bahkan terutama dari negara maju seperti Amerika dan Inggris, sangat lazim menggunakan indeks. Bahkan, untuk anak-anak SD sekali pun.

Artinya, pencarian cepat kata/istilah penting di dalam sebuah buku sudah menjadi kebiasaan bagi pembaca di negara maju tersebut. Makanya, kita jarang banget melihat buku nonfiksi berbahasa Inggris yang tidak menyertakan indeks.

Jadi, fungsi utama indeks memang hanyalah nilai tambah dalam sebuah buku. Biasanya, diletakkan setelah daftar pustaka.


Demikian artikel penting tentang belajar menulis untuk pemula. Kalau ingin secara lebih lengkap belajar menulis, langsung saja gabung di AkademiMenulis.id, ya. Banyak sekali materi fundamental yang sudah tersedia di member area yang bisa menjadi bekalmu sebagai penulis profesional.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *