Ghost Writer: Penulis Bayangan dengan Bayaran Tinggi!

jasa ghost writer

Ghost Writer – Banyak sekali para penulis pemula yang menanyakan tentang profesi unik yang satu ini. Profesi penulis yang satu ini sering disebut dengan ‘penulis bayangan’. Istilah ini keluar karena memang mengacu pada pola kerja samanya yang tak terlihat seperti hantu, sehingga tersemat kata ‘ghost‘ di dalamnya.

Ghost writer atau penulis bayangan atau ada yang menyebutnya dengan penulis hantu, adalah seorang penulis yang bertugas untuk membantu mewujudkan ide kliennya dalam bentuk sebuah naskah dan menjadi buku. Daripada penulis hantu, saya sendiri lebih senang menyebutnya sebagai penulis bayangan, karena kesannya lebih asyik dan tak begitu horor. Hehehe.

Jadi, yang menjadi kompetensi utama seorang penulis bayangan adalah kemampuannya untuk mengeksplorasi ide, lalu menuliskannya, untuk seseorang yang memiliki keterbatasan dalam hal menulis. Itulah mengapa, kemudian banyak banyak tokoh penting seperti artis, pejabat, tokoh publik, pebisnis, dan sebagainya, yang merekrut seorang ghost writer untuk mewujudkan ide-ide mereka yang ada di kepala akan tetapi tak tahu cara menuliskannya menjadi sebuah buku yang utuh dan layak baca.

Bayaran seorang penulis bayangan lumayan besar. Bisa di angka puluhan juta. Cara pembayarannya bisa per halaman dari naskah yang ia tulis atau per proyek.

Nama dari penulis bayangan tidak disebutkan di dalam kover buku. Yang keluar adalah nama kliennya tersebut. Tapi ia mendapatkan portofolio jasa, kenalan dengan klien-klien besar, dan mendapatkan bayaran yang juga besar.

Saya sendiri, sudah melakoni pekerjaan ini sejak lama. Saya membuka jasa ghost writer sejak sekitar tujuh tahun lebih. Beberapa klien saya sangat variatif. Ada dokter, pebisnis, dan bahkan tahun lalu diminta untuk menjadi ghost writer dari Deddy Corbuzier dan Erik Tenhave, pendiri dari MillenialPower.id, dan bukunya sendiri berjudul Millenial Power. Bukunya mendapatkan penghargaan dari Gramedia sebagai salah satu buku pilihan editor pada tahun 2020 dan menjadi juara satu buku laris di toko-toko buku Gramedia.


Ingin tahu lebih lengkap tentang profesi ghost writer? Langsung saja gabung di AkademiMenulis.id, ya. Banyak sekali materi fundamental yang sudah tersedia di member area yang bisa menjadi bekalmu sebagai penulis profesional, termasuk menjadi ghost writer yang bayarannya mahal!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *