Perbedaan Daftar Pustaka dan Daftar Rujukan

daftar pustaka daftar rujukan

Banyak banget para penulis pemula yang belum bisa membedakan antara daftar pustaka dan daftar rujukan, padahal pengetahuan fundamental ini sangat penting banget.

Yuk, kita kulik bareng.

Daftar pustaka (bibliography) sendiri sering juga disebut sebagai daftar bacaan. Yang perlu diketahui, semua sumber yang ada di dalam daftar belum tentu dirujuk langsung di dalam teks. Nah, sumber yang tidak rujuk langsung, hanya dijadikan sebagai bahan bacaan pengayaan informasi bagi penulis.

Sedangkan daftar rujukan atau daftar acuan atau references, mengharuskan semua sumber pustaka yang ada di dalam daftar dirujuk langsung di dalam teks. Begitu pula sebaliknya, rujukan yang ada di dalam teks harus muncul di dalam daftar rujukan.

Oleh karena itu, penggunaan istilah daftar pustaka lebih relevan digunakan dalam penulisan buku. Sedangkan penggunaan istilah daftar rujukan atau daftar acuan, lebih relevan digunakan untuk karya ilmiah seperti skripsi, teksis, disertai atau majalah dan jurnal ilmiah.


Demikian artikel penting tentang belajar menulis untuk pemula. Kalau ingin secara lebih lengkap belajar menulis, langsung saja gabung di AkademiMenulis.id, ya. Banyak sekali materi fundamental yang sudah tersedia di member area yang bisa menjadi bekalmu sebagai penulis profesional.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *