Waktu Menulis Paling Produktif

Kamu lebih suka menulis di pagi hari atau malam hari?

Sebenarnya tidak ada waktu yang paling tepat bagi seseorang untuk menulis. Semua tergantung pada “waktu paling produktif”, dan itu berbeda-beda untuk setiap orang. Ini juga yang membuat waktu paling tepat untuk menulis bagi saya, barangkali tidak bisa diterapkan padamu. Saya paling suka menulis di pagi hari, sekitar pukul delapan hingga pukul sebelas. Bagi saya, itulah jam paling produktif ketika saya bisa menuangkan banyak gagasan tanpa gangguan. Setelah waktu itu, biasanya saya mulai kesulitan berkonsentrasi dan lebih memilih aktivitas yang dinamis atau membuat saya bergerak.

Apakah itu berarti menulis di pagi hari adalah waktu terbaik?

Tentu saja tidak. Seperti yang saya katakan sebelumnya, setiap orang memiliki waktu paling produktifnya sendiri-sendiri. Mungkin kamu pernah mendengar tentang Chronotype atau kronotipe? Ini adalah sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengetahui jadwal istirahat dan jadwal produktif seseorang. Yuk, kita bahas lebih dalam soal ini.

Apa Kronotipemu?

Setiap orang memiliki karakteristik istirahat dan berkegiatan yang berbeda-beda berdasarkan usia, jenis dan intesitas aktivitas, serta keadaan tidur. Pola dan perilaku tersebut diklasifikasi ke dalam chronotypes atau ritme sirkandian spesifik.

Chrono” berarti berkaitan dengan waktu sedangkan “type” mengacu pada salah satu klasifikasi, yaitu: singa, lumba-lumba, serigala, dan beruang. Masing-masing hewan tersebut sesuai dengan tipe orang tertentu dan tingkat aktivitasnya. Itu kenapa ada orang yang lebih produktif di malam hari seperti serigala atau lebih produktif di pagi hari seperti beruang.

Beruang

tipe penulis

Kebanyakan orang yang masuk dalam kronotipe beruang memiliki siklus tidur dan bangun yang sesuai dengan bergeraknya matahari. Kronotipe beruang mudah terbangun dan biasanya mudah juga tertidur. Produktivitas paling baik adalah pagi hingga sebelum tengah hari, dan kemudian menurun antara pukul dua siang dan empat sore. Jika kamu adalah penulis yang masuk ke dalam kronotipe beruang, kemungkinan besar waktu terbaikmu untuk menulis adalah pagi hari hingga sebelum makan siang.

Serigala

tipe penulis

Orang-orang yang masuk dalam kronotipe ini seringkali kesulitan bangun di pagi hari. Sebaliknya, mereka merasa lebih energik ketika bangun di siang hari, terutama karena puncak produktivitas mereka dimulai pada siang hari dan berakhir sekitar empat jam kemudian. Kronotipe serigala juga lebih produktif sekitar jam enam sore sehingga bisa menyelesaikan banyak hal dalam waktu tersebut. Tidak heran, penulis yang masuk kronotipe ini bisa menuangkan gagasan lebih lancar pada jam-jam ketika orang lain mulai beristirahat.

Singa

tipe penulis

Berbeda dengan serigala, kronotipe singa suka bangun pagi-pagi. Orang-orang dalam kronotipe ini mudah saja bangun sebelum fajar dan akan berada dalam kondisi terbaiknya sampai siang hari. Biasanya, produktivitas kronotipe singa menurun jelang malam hari, dan kebanyakan akan mulai tidur pada pukul sembilan atau sepuluh malam.

Lumba-Lumba

tipe penulis

Jika kamu termasuk orang yang mudah sekali terbangun oleh rangsangan sekecil apa pun, misalnya suara atau perubahan suhu, maka kamu mungkin masuk ke dalam kronotipe lumba-lumba. Orang-orang dalam kronotipe ini seringkali kurang tidur karena kepekaannya terhadap berbagai faktor gangguan seperti suara atau cahaya. Kabar baiknya, penulis yang masuk dalam kronotipe lumba-lumba memiliki puncak produktivitas dari pukul sepuluh pagi hingga pukul dua siang. Ini adalah waktu terbaik mereka untuk menyelesaikan tulisan.

Nah, termasuk penulis jenis apakah kamu? Dengan mengetahui kronotipemu, kamu bisa mengatur waktu menulis paling produktif. Kamu bisa menghasilkan lebih banyak gagasan dalam sekali duduk ketika kamu sedang sangat produktif. Sebaliknya, ketika kamu sedang berada dalam waktu tidak produktif, jangan memaksakan diri untuk menulis. Kamu akan kelelahan dan frustrasi tanpa menghasilkan selembar naskah pun. Istirahat, tidur atau lakukan aktivitas lain yang bukan menulis.

Selamat menulis dengan lebih produktif!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *