AkademiMenulis.id adalah tempat belajar menulis dan ruang belajar menjadi penulis profesional yang dimentori langsung oleh praktisi berpengalaman. Diinisiasi oleh Penerbit Buku Charissa asal Jogja dan bekerja sama dengan dua mentor: Fachmy Casofa & Astrid Savitri.

Profil Mentor

Astrid Savitri

Saya mulai benar-benar serius menulis buku pada tahun 2012 dan telah menuliskan ide-ide saya menjadi belasan buku non fiksi dan beberapa novel. Selain itu, saya kadang-kadang juga diminta mengisi event sharing atau workshop soal kepenulisan dan literasi.

Kecintaan saya dalam menulis berawal sejak sekolah dasar. Saya menulis banyak cerpen dan beberapa pernah dimuat dalam majalah anak-anak terkenal. Namun, begitu menginjak sekolah menengah hingga kuliah, saya sempat mengabaikan kegiatan menulis untuk menjajal banyak hal lain.

Suatu hari saya flashback dan mengingat cerpen-cerpen saya yang pernah dimuat. Semangat untuk terus menulis tumbuh lagi, dan berharap suatu hari dapat menjadikannya sebuah profesi tetap yang menghasilkan.

Sejak itu, saya terus mencari cara agar dapat menjadi penulis yang menghasilkan. Awal tahun 2009, saya menjadi content writer. Artikel-artikel yang saya tulis adalah pesanan dari banyak situs dalam dan luar negeri. Kemampuan bahasa Inggris yang baik banyak membantu saya dalam pekerjaan ini. Dari profesi content writer, saya terus belajar meningkatkan kemampuan menulis naskah. Sekarang profesi utama saya adalah penulis. Buku-buku yang telah saya terbitkan bisa dilihat di sini atau di katalog Gramedia Online.

Saat ini saya lebih sering menulis dan menerbitkan buku-buku bertema self-improvement, motivasi, parenting, how-to, dan banyak lagi. Sementara untuk fiksi, saya lebih sering menulis novel digital di platform Cabaca dan Storial.

Benang merah penulisan saya adalah passion untuk menginspirasi orang lain melalui cara pikir, pemberdayaan dan motivasi. Ini karena misi saya adalah untuk menyebarkan semangat, harapan, sikap positif dan dorongan bagi orang lain melalui kata-kata yang tertulis.

Kontak saya lewat DM di Instagram @everythingastrid atau melalui email linguaksara@gmail.com

Fachmy Casofa

Menjadi editor profesional selama lebih dari 10 tahun. Telah menjalani profesi sebagai penulis sejak 2009, dan bekerja sama dengan tokoh-tokoh ternama, seperti:

  • Ilman Akbar, Eks Product Manager di Traveloka
  • Natali Ardianto (tokoh startup eks pendiri Tiket.com
  • Brilliant Yotenega, founder dari Storial.co
  • Steve Wirawan, founder dari Storial.co
  • Deddy Corbuzier & Erik Tenhave, tokoh nasional dan founder dari MillenialPower.id
  • Saptuari Sugiharto, tokoh nasional, founder Sedekah Rombongan, Kedai Digital, Jogist
  • M. Arief Budiman, CEO Petakumpet, Ketua Indonesia Creative City Network
  • Adjie Santosoputro, tokoh mindfulness nasional
  • Wahyudi Anggoro Hadi, peraih penghargaan kepala desa terbaik nasional dari Panggung Harjo, Jogja
  • Gamal Albinsaid, CEO Indonesia Medika, peraih penghargaan dari Pangeran Charles di Inggris
  • dan lain-lainnya.

Salah satu karya saya yang masyhur adalah buku best seller hasil kolaborasi dengan BJ Habibie (yah, mantan Presiden RI ke-3 itu) dengan judul Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah!

Sejauh ini, sudah menulis 70+ buku lebih. Beberapa untuk penerbit mayor, seperti Quanta dari Gramedia, Metagraf dari Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Intan Pariwara, Salsabila, Al-Kautsar, Thursina, Era Intermedia, dan beberapanya untuk kebutuhan klien khusus seperti Bank Indonesia, Accenture, Plan Internasional, Lembaga Indonesia-Amerika, dan lain sebagainya.

Selain telah menulis puluhan buku sendiri, juga telah melakoni beragam bidang jasa penulisan, seperti menjadi ghost writer, co-writer, hingga penulisan biografi dan menggawangi beberapa media online.

Saya juga merupakan salah satu deklarator Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro) dan menjadi asesor penulisan buku nonfiksi di Lembaga Sertifkasi Profesi Penulis & Editor Profesional (LSPPEP).

Kontak lewat IG: @fachmycasofa atau fachmyasofa@gmail.com.